Rabu, 16 Juli 2014

TDE ( Teknik Dasar Elektronika

MODUL  TEKNIK DASAR ELEKTRONIKA (TDE)
A.Menerapkankan Dasar- Dasar Kelistrikan
1.Teori Dasar Kelistrikan(Materi dan atom)

Semua benda  yang  mengisi dan membentuk dunia ini  yang  dapat dilihat dengan pancaindra disebut materi atau zat. Secara umum materi dikelompokkan menjadi tiga yaitu padat, cair dan gas.

Suatu benda bila kita pecah tanpa meningggalkan sifat aslinya akan kita dapatkan partikel yang disebut molekul. Molekul kalau kita pecah lagi akan kita  dapatkan beberapa atom. Jadi atom adalah bagian terkecil dari suatu partikel/ benda.

Atom terdiri dari inti (nucleus) yang dikelilingi oleh elektron yang berputar mengelilingi inti pada orbitnya masing- masing seperti susunan tata surya. Inti atom sendiri terdiri dari proton dan netron. Proton dan netron ternyata memiliki muatan listrik,dimana proton memiliki muatan (+) dan elektron memiliki muatan (  -), sedangkan neutron tidak memiliki muatan atau netral.  Atom yang memilik i jumlah proton dan elektron yang sama, dikatakan bermuatan netral.  Sesuai dengan hukum alam, atom akan terjadi tarik menarik antara nucleus sehingga elektron akan tetap berada dalam orbitnya masing-masing.Elektron Bebas Elektron-elektron yang orbitnya paling jauh dari inti, memiliki daya tarik menarik yang lemah terhadap inti. Elektron-elektron ini bila terkena gaya dari luar, misalnya panas,gesekan atau reaksi kimia akan cenderung lepas dari ikatannya dan pindah ke atom lain.Elektron-elektron yang mudah berpindah ini disebut electron bebas  (free electron), gerakan dari elektron bebas inilah yang menghasilkan bermacam-macam fenomena kelistrikan (seperti loncatan bunga api, cahaya, pembangkitan panas, pembangkitan magnet dan reaksi kimia). 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar